Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala Asia U-23 Setelah Drama Adu Penalti Melawan Korea Selatan

Tim nasional Indonesia menorehkan sejarah baru dengan lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 setelah mengalahkan Korea Selatan dalam drama adu penalti yang menegangkan, Kamis (25/04/2024) malam. Pertandingan di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha berakhir imbang 2-2 setelah 120 menit pertandingan.

Timnas Indonesia U-23 memulai pertandingan dengan penuh semangat dan berhasil unggul cepat melalui gol Rafael Struick di menit ke-15. Namun, Taeguk Warriors yang batal gol semakin menggebu-gebu mencetak angka. Sisi kiri Indonesia dihantam bertubi-tubi.

Hingga akhirnya, Korea Selatan menyamakan kedudukan di penghujung babak pertama. Bola yang disundul pemain Korsel membentur Komang Teguh, Bola malah berbelok ke gawang dan tak mampu ditangkap Ernando. Gol bunuh diri yang menguntungkan Korsel. Skor menjadi 1-1.

Seolah tak rela skor menjadi sama, Indonesia membalikkan keadaan pada menit ke-45+3. Lagi-lagi Rafael Struick yang mencetak angka. Skor menjadi 2-1. Garuda Muda unggul sementara pada babak pertama.

Ritme permainan babak kedua kurang lebih sama seperti babak pertama. Serangan dari pasukan membuahkan hasil pada menit ke-84. Bola yang mulanya mengancam gawang Korsel langsung berbalik arah menuju gawang Indonesia. Serangan balik yang begitu cepat dilakukan oleh Korsel.

Jeong Sang-bin menembak bola menuju sudut kanan bawah gawang. Gol! Kedudukan sama menjadi 2-2.

Sampai akhir babak kedua dan extra time skor tidak berubah imbang 2-2 bertahan hingga peluit akhir pertandingan dibunyikan. Pertandingan pun harus dilanjutkan ke babak adu penalti. Di babak ini, Indonesia U-23 tampil lebih tenang dan berhasil unggul 11-10 atas Korea Selatan U-23.

Kemenangan ini mengantarkan Timnas Indonesia U-23 ke babak semifinal Piala Asia U-23 2024. Ini merupakan kemenangan bersejarah bagi sepak bola Indonesia. Ini adalah pertama kalinya Indonesia U-23 mengalahkan Korea Selatan U-23 di turnamen resmi.

Kemenangan ini juga disambut dengan gembira oleh para suporter Timnas Indonesia di tanah air. Banyak suporter yang turun ke jalan untuk merayakan kemenangan ini.

Pos terkait