KPU Pohuwato Tetapkan 25 Aleg Terpilih, Partai Golkar Masih Kuasai Parlemen

KPU Pohuwato akhirnya menetapkan politisi Partai Demokrat, Iwan Abay sebagai Anggota Legislatif Daerah Pemilihan (Dapil) Duhiadaa – Patilanggio dalam pleno penghitungan dan penetapan Anggota DPRD terpilih Kabupaten Pohuwato. Ketua DPC Partai Demokrat ini ‘Mengalahkan’ caleg PKB Agus Duka dengan selisih hanya 1 suara saja

Tipis memang, tapi selisih 1 suara ini yang membuat DPC PKB menggugat hasil pleno KPU Pohuwato ke Mahkamah Konstitusi RI. Namun, caleg PKB Agus Duka harus kembali menelan pil pahit, bahwasanya dirinya belum ditakdirkan menjadi aleg Kabupaten Pohuwato. Gugatannya dimentahkan di Makamah Konstitusi. Hasil putusan MK ini membuat Iwan Abay kembali menjadi legislator untuk yang ke 4 kalinya, sekaligus satu-satunya kader Demokrat yang melenggang bebas ke Parlemen Block Plan dengan 1.712 suara.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Partai Golkar masih menjadi penguasa parlemen dengan 7 kursi, dari 10 kursi di periode sebelumnya. Partai Gerindra harus cukup puas dengan 6 kursi, mengalami kenaikan dari 3 kursi di pileg sebelumnya.

Tak hanya itu, ketua DPD II Golkar Nasir Giasi menjadi caleg suara terbanyak dengan meraup 3.289 suara. Sementara itu, politisi PKB Tomy Umar menjadi aleg paling sedikit suaranya dengan hanya bisa mengoleksi 571 suara pribadi. Itulah takdir, tak ada yang bisa menduganya.

Ketua KPU Pohuwato Firman Ikhwan mengatakan hasil berita acara pleno penghitungan dan penetapan ini, akan diserahkan ke DPRD Pohuwato dan Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato untuk kepentingan pelantikan nanti. Pleno ini selain dihadiri oleh seluruh komisioner KPU Pohuwato juga dihadiri oleh perwakilan partai politik di Pohuwato serta komisioner Bawaslu Pohuwato.

Berikut perolehan kursi Parleman yang di tetapkan oleh KPU Pohuwato 2024 – 2029 :

  1. Partai Golkar – 7 kursi
  2. Partai Gerindra – 6 kursi
  3. Partai Nasdem – 3 kursi
  4. PKB – 3 kursi
  5. PPP – 2 kursi
  6. PAN – 1 kursi
  7. PDI Perjuangan – 1 Kursi
  8. PKS – 1 kursi
  9. Partai Demokrat – 1 kursi

(Dandi)

Pos terkait