KPU Pohuwato Gelar Rapat Persiapan Pengundian Nomor Urut dan Deklarasi Damai Pilkada 2024

Daripohuwato.idKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato menggelar rapat koordinasi dalam rangka persiapan pengundian nomor urut dan Deklarasi Damai Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo serta Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato, Kamis (tanggal belum disebutkan).

Dalam rapat tersebut, Ketua KPU Pohuwato, Firman Ikhwan, mengungkapkan bahwa pengundian nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato akan dilaksanakan pada 23 September 2024, sehari setelah penetapan resmi pasangan calon oleh KPU dalam rapat pleno tertutup yang akan digelar pada 22 September 2024.

Bacaan Lainnya

“Pengundian nomor urut insyaallah akan dilaksanakan pada 23 September, sehari setelah penetapan pasangan calon,” kata Firman.

Firman menjelaskan, mekanisme pengundian nomor urut dilakukan sesuai dengan nomor antrean yang akan diambil terlebih dahulu oleh Calon Wakil Bupati. Berdasarkan nomor antrean tersebut, calon Bupati kemudian mengambil undian nomor urut secara bergiliran.

“Nomor antrean akan diambil dalam bentuk bola, mirip dengan pengundian nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden. Pengambilan nomor antrean ini dilakukan berdasarkan urutan kedatangan atau registrasi,” jelas Firman.

“Setelah nomor antrean diambil oleh Calon Wakil Bupati, hasilnya akan diperlihatkan kepada semua pihak, termasuk KPU dan media. Terdapat 14 bola yang berisi nomor urut, di mana calon pertama yang mengambil akan mendapatkan kesempatan mengambil nomor dari urutan terkecil. Pengundian nomor urut ini akan dilakukan oleh Calon Bupati yang didampingi oleh Calon Wakil Bupati,” tambahnya.

Hingga saat ini, diketahui ada dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang telah mendaftar ke KPU Pohuwato. Setelah pengundian nomor urut, kedua pasangan calon ini dijadwalkan mengikuti Deklarasi Damai yang akan digelar oleh KPU Pohuwato.

“Kampanye akan dimulai tiga hari setelah penetapan pasangan calon, yakni pada 25 September 2024. Kami juga telah sepakat bahwa Deklarasi Damai akan dilaksanakan setelah pengundian nomor urut. Jadi, setelah proses pengundian selesai dan rapat pleno ditutup, deklarasi damai akan diadakan sebelum acara foto bersama,” pungkas Firman. (Dandi)

Pos terkait